Japan Trip – Day 7 – 29, Oct, 2016

Sediiih deh karena hari ini bakal jadi hari terakhir kami di Jepang, hiks hiks. Meski rencananya mau ke Universal Studio of Japan, tapi apa daya karena badan udah renta dibawa jalan-jalan selama 6 hari dengan minim istirahat, akhirnya kami memutuskan ke Tempozan Ferris wheel. Kami ke sini dengan naik kereta (tapi lupa berapa harga karcisnya). Untuk masuk ke kincir juga harus bayar 800 yen. Kami memutuskan untuk naik tempat yang transparan meski harus nunggu agak lama karena satu wahana itu, tempat transparannya cuma ada 4. Tapi worth it karena bisa foto-foto sampe puas. Oh ya si kincir ini gak seperti wahana bianglala di dufan yang ada masa kenceng dan pelannya, karena 800 yen cuman untuk satu kali putaran yang pelan, jadi manfaatkan sebaik mungkin lah waktu di atas itu.

 briller osaka (1)
briller osaka (1)
briller osaka (2)
briller osaka (2)
what a sunny day!
what a sunny day!
pay attention to the orange part
pay attention to the orange part
view from the bottom
view from the bottom
foto karcis
foto karcis
pemandangan dari atas (1)
pemandangan dari atas (1)
pemandangan dari atas (2)
pemandangan dari atas (2)
hmmm ya ya ya
hmmm ya ya ya
jajanan yang rasanya kayak kue cubit
jajanan yang rasanya kayak kue cubit

Karena masih jam 1 sedangkan pesawat itu 4.40 dan kami udah web check in, maka dengan nekat kami pergi ke Osaka Castle yang jaraknya 4 stasiun dari Nambo, tempat terminal bus Damri-nya untuk nyampe ke bandara.

 Osaka Castle
Osaka Castle
Osaka Castle tampak depan
Osaka Castle tampak depan
banyak turis
banyak turis
mungkin keluarga raja
mungkin keluarga raja
dscf8874
the castle wall
bahkan ada yang kemah
bahkan ada yang kemah
besoknya (tanggal 30 Oktober 2016) ternyata mau ada Osaka Marathon, duh seru deh
besoknya (tanggal 30 Oktober 2016) ternyata mau ada Osaka Marathon, duh seru deh
pake baju Dashiki kembaran di Osaka Castle
pake baju Dashiki kembaran di Osaka Castle

Dan dari sinilah muncul drama yang akan gw inget seumur hidup! Yaitu ketinggalan pesawat. Ini emang karena kenekatan kami banget sih. Jadi pesawat 16.40 tapi pukul 15.10 kami baru naik bus Damrinya. Parah banget yah! Jadi nyampe Kansai International Airport ya baru 16.00. Pas ngantri mau masup dan nunjukin print web check in yang jelas-jelas ada nomor kursi alias udah jadi boarding pass eh DITOLAK! Dan pas nanya ke petugas bandaranya, si petugas juga refer ke petugas counter check in air asia, tapi ternyata di counter udah gak nemu lagi orang.

Petugas air asia-nya pun dipanggil tapi lama amat dan itu udah 16.30, kami udah pesimis ajah bisa naik itu pesawat dan bener ajah pas petugasnya dateng malah doi marah-marah dan bilang kalau print web check in itu bukan boarding pass meski udah ada nomor kursinya. Mamam!

angsung lemes karena gak dapat solusi dan solusi yang ada adalah harus beli tiket baru, sad! Udah bingung mau ngapain apalagi pas nanya ke informasi ternyata counter-counter maskapai pada tutup karena itu hari sabtu dan hotline cuma ada pas weekdays! Dan kami akhirnya nyoba-nyoba nyari penerbangan, tapi sedihnya itu penerbangan pada mahal-mahal amat, kalau gak mahal ya udah abis. Salah satu yang dicoba adalah Garuda Indonesia dan Malaysia Airlines baik direct flight ke Jakarta maupun mampir ke KL atau Singapura (sebenarnya nyari yang nyampe KL sebelum jam 8 pagi karena kan kami masih ada tiket KL-Jakarta pukul 08.25) tapi gaaaak ada dongg…

Sempat mau nekat untuk nanya humas Garuda dan minta korting tapi gak jadi berhubung tiket Garuda KIX-CGK ajah 13 juta! Ya keles bayar segitu untuk sekali penerbangan. McD pun akhirnya menjadi tempat berlabuh, sambil nyari-nyari flight, numpang wifi dan numpang nge-charge. Akhirnya dapetlah dari website skyscanner ada penerbangan yang paling terjangkau dan paling cepet (gak harus nyampe hari Senin) yaituu naik Vanilla Air dari Kansai ke Taipei dan lanjut pake China Airways ke Jakarta dengan harga total kayaknya sekitar Rp5,7 juta! Kyaaaaaa… yah tapi dari pada gak pulang yaah?

Tapi apa itu Vanilla Air? Orang-orang Indo yang ditanya hampir semua gak tau apa itu Vanilla Air, bahkan ada yang bilang Vanilla Air itu sejenis cocktail, ckckck. Dan Vanila Air itu ternyata low-cost airplane-nya All Nippon Airways. Persoalan masih muncul karena untuk bisa tiba di Taiwan harus ngurus visit visa dulu meski gratis karena kami punya visa Jepang, tapi kaan tetep repot karena harus ngisi-ngisi form dan print visa. Belom nyari tempat ngeprint di kansai dan mengoperasikan mesin printer yang semuanya dalam bahasa Jepang. Aseli ini perjalanan pulang terdrama yang gak akan terlupakan lah!

Balik lagi ke Vanilla Air, bagaimana rasanya di Vanilla? Yah berhubung ini low-cost, jadwal penerbangan dapetnya 03.15 dari Kansai, dan dari imigrasi awal sampai ke gate pesawat emang ternyata super panjang dan harus naik shutle train dulu, pantes gak akan kekejar kalo nyampe bandara pukul 16.00 dan penerbangan 16.40, zzzz. Si kursinya Vanilla aseli keras dan sempiiiitt! dan itu kan jam 3 pagi yang tentu ngantuk karena belom tidur tapiii susah amat buat tidur karena kalo buka meja untuk nunduk gak bisa dan cuman nyampe separoh badan doang karena si kursinya sempit dan kalo nyender ke jendela juga kepentok lagi-lagi karena alasan sama. Si pramugari juga tampangnya yah sekadarnya ajah dan tentu jangan harap dikasih makanan atau jualan apapun di pesawat, bisa nyampe Taipei ajah udah syukurlah!

KIX jam 2 pagi
KIX jam 2 pagi

 

Japan Trip – Day 6 – 28, Oct, 2016

Mungkin ini adalah hari dengan foto-foto yang paling menyenangkan karena foto-fotonya pake Kimonoooo yeaaay! Kami berangkap pagi (yah pagi maksunya sekitar pukul 9.00 waktu setempat juga) menuju Gion, kompleks bangunan tua yang ada di filmnya Spirited Away itu.

Nyewa kimono di Yume Kyoto, kirain 5.000 yen udah semua-muanya, ternyata eh ternyata, lebiiih, akhirnya milih paket untuk nyewa kimono 5.400 yen ditambah hair-do 1.620 yen dan foto satu frame 1.000 yen (dibagi 3). Tapi tentu hasilnya ciamik super lah!

sambil lewat ketemu kue yang implusif untuk dibeli
sambil lewat ketemu kue yang implusif untuk dibeli
foto dari orang Yume Kyoto
foto dari orang Yume Kyoto
tampak belakang
tampak belakang

Perhentian pertama adalah Yasaka Shrine tapi cuma sebentar foto-foto, lanjut ke Maruyama Koen Park yang ternyata lebih cakep didatengnin pas spring! Untung ada mbak-mbak caem yang jualan takoyaki yang super enaks!

di Yasaka Shrine
di Yasaka Shrine
pake kimono itu bikin laper
pake kimono itu bikin laper
di jalan ketemu rombongan biksu
di jalan ketemu rombongan biksu
di tengah jalan ujan, untung sedia payung
di tengah jalan ujan, untung sedia payung

Dan kami memasuki jalan yang terkenal ituh menuju Kiyomizu Dera Temple dan ternyata jalanannya super ruame juga. Tapi berhubung kami ada agenda harus lanjut ke Osaka untuk beli oleh-oleh, jadi gak keburu deh ke puncak temple-nya.

keramean jalanan
keramean jalanan
jualan makanan
jualan makanan
jual sabun lucu
jual sabun lucu
sabun lucu
sabun lucu
behind the scene
behind the scene
ya ampun jeng, dari manah ajah baru keliatan?
ya ampun jeng, dari manah ajah baru keliatan?
sama kakek yang baik amat mau motoin kitah
sama kakek yang baik amat mau motoin kitah
Kiyomizu Dera
Kiyomizu Dera
gak papa gak sampe puncak
gak papa gak sampe puncak
rame ceu
rame ceu
jangan lupa jajan
jangan lupa jajan
beli bakpau ijo isinya b**i
beli bakpau ijo isinya b**i
nunggu di halte juga pake kimono
nunggu di halte juga pake kimono

Dengan agak-agak drama (lagii!!) kami di stasiun karena harus milih jalur mana yang termurah untuk ke Osaka, kami akhirnya sampai ke Osaka! Dan lanjut untuk beli oleh-oleh di Dotonbori tempatnya semacam si Shinjuku/Shibuya gitulah, dengan gambar orang lari yang jadi ciri khasnya. Belanja oleh-olehnya di toko free tax yang harganya tentu gak murah-murah amat, hiks. Tentu kami juga gak melewatkan untuk makan Okonomiyaki sebagai makanan khas Osaka di sini. Walau kurangn kenyang karena gak pake nasi *teteup. Setelah ini balik deh ke penginapan si Brailler Osaka. Tempatnya asik, nyediain camilan dan sarapan.

Dotonbori
Dotonbori
Okonomiyaki pake mi
Okonomiyaki pake mi
sakenya Ayu tapi doi gak sanggup ngabisin jadi dikasih ke gw
sakenya Ayu tapi doi gak sanggup ngabisin jadi dikasih ke gw
keramean Dotonbori
keramean Dotonbori
ala si Dotonbori
ala si Dotonbori

Japan Trip – Day 5 – 27, Oct, 2016

Bangun-bangun sekitar jam 5 pagi di bus malam antarkota dari Tokyo ke Kyoto. Busnya lumayan enak lho karena kursinya satu-satu dan ada berbagai perangkat untuk bobok, plus ada toilet dan air minum. Dan voilaa nyampe di Kyoto Station sekitar jam 6-an. Kami pun nyari kamar mandi untuk gosok gigi dan cuci muka. Awalnya kepikiran untuk numpang di rumah senior di Kyoto tapi akhirnya memutuskan untuk langsung ke penginapan ajah.

Kami beli one day pas bus seharga 500 yen dan gak lupa ambil peta! Dan aseli Kyoto itu kayaknya kota pelajar amat deh, banyak amat anak sekolahan.

yang jelas kami gak nginep di sini, tapi ini gedung pas di depan Kyoto station
yang jelas kami gak nginep di sini, tapi ini gedung pas di depan Kyoto station
bocah-bocah lucuk
bocah-bocah lucuk
anak-anak karya wisata ya jalan ajah
anak-anak karya wisata ya jalan ajah
genk setempat
genk setempat
peta dan one day pass
peta dan one day pass

Kami pun nyampe di Guesthouse Origami. Sama mbaknya dibolehin numpang mandi dan naro barang, dan dari sana kami bisa lanjut ke Arashiyama  salah satu tempat wisata yang ternyata ruame amat. Ke sana naik bus dong, yah kira-kira satu jam perjalanan dari penginapan.

guesthouse Origami
guesthouse Origami
tempat ngaso
tempat ngaso

Apa hal pertama yang dilakukan? Tentu makan es krim, tapi lebih enak es krim di Kawagoe sih. Hal selanjutnya adalah ngambil peta wisata daerah sekitar situ.

Arashiyama yang emang rame turis
Arashiyama yang emang rame turis
es krim dulu
es krim dulu

Tempat pertama yang kami kunjungi adalah si bambo path  yang konon bagus di foto-foto, tapi eh tapi ternyata di sono lagi super duper rame, jadi foto-fotonya pun harus banget kerja kerazz.

foto pas rame
foto pas rame
foto pas sepi di bamboo  path yang agak lebih dalem
foto pas sepi di bamboo path yang agak lebih dalem
Nonomiya Shrine (masih di lingkungan Arashiyama)
Nonomiya Shrine (masih di lingkungan Arashiyama)

Selanjutnya kami masup ke Tenryu-ji Temple  yang masih di kompleks Arashiyama tapi harus bayar 500 yen untuk masuk. Ini temple kalo jadi rumah pasti enak bin asik banget karena punya kolam guede dan pemandangan gunung yang memanjakan mata. Gak bakal bosen untuk galau di teras sambil ngeliat pohon-pohon yang daunnya udah mulai memerah. Cumaaan ya emang banyak turis euy.

pemandangan di depan Tenryu-ji Temple
pemandangan di depan Tenryu-ji Temple
main building of Tenryu-ji Temple
main building of Tenryu-ji Temple
pose dulu
pose dulu
rame-reme-rame
rame-reme-rame
salah satu sudut Tenryu-ji Temple
salah satu sudut Tenryu-ji Temple
bangunan lain
bangunan lain
mainnya jauh-jauh amat neng
mainnya jauh-jauh amat neng

Dari Tenryu-ji, kami berencana untuk ke Golden Pavilion alias Kinkakuji Temple. Kami harus naik kereta dulu, untuk masuk perlu bayar 400 yen. Mungkin karena ini emang tempat wisata main stream, kami kembali ketemu super banyak turis, eyaaaa! Dan berhubung udah super laper, kami pun beli pizza khas Kyoto deket sana, tentu belinya 1 untuk 3 orang, hihihi.

kereta lucu ke Kinkakuji
kereta lucu ke Kinkakuji
tiket + the golden pavilion
tiket + the golden pavilion
the golden pavilion
the golden pavilion
jangan lupa pose di depan objek wisata
jangan lupa pose di depan objek wisata
banyak turis
banyak turis
anak sekolahan juga ramee
anak sekolahan juga ramee
kotak posnya sampe kuning
kotak posnya sampe kuning
kyoto pizza
kyoto pizza

Meski udah jam 5-an dan ternyata udah agak gelep, kami nekat mau ke Fushimi Inari Shrine yang tersohor dengan pilar-pilar orennya ituh. Tapiiii warna oren mencilak itu ternyata hanya terjadi saat siang hari, dan kalo udah gelep malah kuil dan tiangnya jadi berasa spooky bok! Well, tapi kan udah di sini, tetep harus poto-poto laah! Untung ketemu anak Indonesia dari Palembang yang juga berkunjung malem-malem, jadi bisa minta tolong foto deh, hihihi.

malah jadi spooky
malah jadi spooky
tapi gak mengurangi keinginan untuk foto-foto
tapi gak mengurangi keinginan untuk foto-foto
hiii
hiii
as spooky as I can
as spooky as I can
gelep orangnya
gelep orangnya
di depan shrine
di depan shrine
dscf8498
gerbang

Tadinya kami mau makan di Nishiki Market tapi berhubung udah kemaleman, jadi warung-warung makannya udah pada tutup deh, untung nemu di sonoan dikit tempat makan terjangkau, enak dan yang penting masih buka! Ayok dibakar! Dan berhubung makannya ajah udah malem, untung masih kekejar bus untuk balik ke penginapan. Sunguh perjalanan hari ini bikin kaki gempor!

setusuk 280 yen ajah
setusuk 280 yen ajah
tempat makan dari depan
tempat makan dari depan

Japan Trip – Day 4 – 26, Oct, 2016

Bangun pagi kali ini sungguh senang karena bisa memandang gunung Fuji, yup hari ini adalah petualangan gunung Fuji di kawasan danau Kawaguchiko.

gunung Fuji di balik gedung
gunung Fuji di balik gedung
kami nginep di Fujinokura
kami nginep di Fujinokura

dari penginapan kami tinggal jalan ajah sambil meningkmati segernya udara pegunungan dan terangnya langit biru yang menghibur mata.

lompaaat!
lompaaat!
 di sana banyak oma (dan opa) yang suka jalan-jalan
di sana banyak oma (dan opa) yang suka jalan-jalan

Dan pemandangannya ketjeeee, mirip danau toba lah #eehhh

pas cuaca cerah
pas cuaca cerah

dan muncullah toko kueh-kueh lucuuuk

tampilan kueh lucuk (1)
tampilan kueh lucuk (1)
tampilan kueh lucuk (2)
tampilan kueh lucuk (2)
tiga kueh yang kami beli
tiga kueh yang kami beli
ini aseli kuenya enak super
ini aseli kuenya enak super

Dari kawaguchiko kami harus ngejar jemputan di stasiun untuk bisa ke Yurari Onsen. Bisa dijemput gretong sama orang Onsennya karena kami udah minta tolong untuk dijemput sejak dari penginapan, si onsen-nya ada jadwal anter-jemputnya tapi tentu mesen pake bahasa Jepang, jadi jangan lupa minta tolong orang penginapan untuk mesenin. Tentu sebelum ke onsen, perut harus terisi. Kami makan di resto di depan stasiun Kawaguchiko, bisa keliatan si gunung Fuji-nya looh.

gunung Fuji dari restoran
gunung Fuji dari restoran

Di Onsen gak boleh foto-foto, karena ya namanya juga orang naked semua, tapi onsennya aseli ketje amaaaat.

img-20161028-wa0050

depannya Yurari Onsen
depannya Yurari Onsen
masih depannya Yurari onsen
masih depannya Yurari onsen
koridor Onsen
koridor Onsen
anak-anak yang kesenengan habis berendem
anak-anak yang kesenengan habis berendem

Selesai berendam di onsen yang gak tahan juga lama-lama, mulai muncullah drama lagi untuk bisa ke Chureito Pagoda.  Karena kami ketinggalan bus awal akibat salah memperkirakan posisi halte bus yang emang cuman ada tonggak doang sebagai penanda. Padahal kami harus balik lagi ke stasiun Kawaguchiko untuk ngejar bus balik ke Shinjuku supaya bisa ke Kyoto padahal kami masih harus ke Shibuya sebelum ke Shinjuku, yah pokoknya masih ada beberapa itinerary yang belom kelar lah. Tapi apapun yang terjadi ya foto-foto ajalah ya biar seru.

ada Gunung Fuji di belakangnya
ada Gunung Fuji di belakangnya
dua kawan yang tampak sangat memperhatikan jadwal bus sedangkan gw ya foto-fotoin ajah jalan gede yang super kosong
dua kawan yang tampak sangat memperhatikan jadwal bus sedangkan gw ya foto-fotoin ajah jalan gede yang super kosong
pengen bisa naik ini
pengen bisa naik ini

Sampe di stasiun terdekat pagoda, ternyata masih ada jalan panjang yang harus dijalani untuk bisa nyampe pagoda dan motret pagoda plus gunung Fuji kayak pose kalender. Belom lagi harus ada 400 anak tangga untuk nyampe ke Pagoda padahal kami bawa ransel masing-masing yang super berat, ini udah semacam latihan masuk tentara lah.

kereta Thomas di stasiun Shimo-Yoshida, keretanya ajah luccuu!
kereta Thomas di stasiun Shimo-Yoshida, keretanya ajah luccuu!
sawah menuju pagoda
sawah menuju pagoda
jalan terjal
jalan terjal
400 anak tangga
400 anak tangga
setelah ngos-ngosan naik tangga
setelah ngos-ngosan naik tangga
akhirnya pagodaaa
akhirnya pagodaaa
foto mirip kalender
foto mirip kalender
gerbang masup
gerbang masup

Dramaaa lagi adalah karena kami baru dapet kereta 16.45 padahal bus ke Shinjuku dari Kawaguchiko station itu 16.40 MAMAM! udah minta tolong ibu petugas stasiun untuk bisa telp perusahaan bus supaya nungguin kita dan ternyata emang gak bisa, tapi ibunya masih baik banget plus kebetulan banget Tuhan masih sayang dengan ada taksi yang berhenti di stasiun untuk nganter kami di halte di tengah jalan tol jadi bisa berhentiin bus di sana, Puji Tuhaan.

Ayu lagi ngarep-ngarep sama si ibu petugas stasiun
Ayu lagi ngarep-ngarep sama si ibu petugas stasiun
naik taksi juga di Jepang demi ngejar bus
naik taksi juga di Jepang demi ngejar bus
di halte bus di tengah tol (atau jalan antarkota ya?)
di halte bus di tengah tol (atau jalan antarkota ya?)

Sampai Shinjuku akhirnya kami memutuskan untuk makan dulu dan nyobain bir Jepang plus sate Jepang (Yakitori).

bir Jepang yang lupa namanya, tapi rasanya kayak bir Bintang
bir Jepang yang lupa namanya, tapi rasanya kayak bir Bintang
bir plus yakitori
bir plus yakitori
tempat makan yang rame pengunjung domestik plus orang asing
tempat makan yang rame pengunjung domestik plus orang asing

Sebelum menuju Kyoto, kami masih sempetin ke Shibuya dan foto2 sama si the one and only Hatchiko yang ternyata gitu ajah (mungkin karena gak tau cerita di dalamnya). Dan foto ala-ala Times Square lagi tapi kali ini beneran di Shibuya.

si Hachiko
si Hachiko
Shibuya sesungguhnya, such a busy intersection
Shibuya sesungguhnya, such a busy intersection

Dan kelar dari sini ya balik lagi ke Shinjuku untuk naik bus antarkota menuju Kyoto. Fiuh, what a day!

Japan Trip – Day 3 – 25, Oct, 2016

Hari ini seharusnya gw udah gajian, yah itulah yang ada dalam pikiran gw berhubung uang udah terkuras di Harajuku kemarin dan hari ini adalah hari terakhir di Oak Hostel Fuji, hiks, tempatnya cozy aseli deh, dan kami difoto sama mbak korea sebelum pulang, oyeeee banged yaah

ruang bareng-barengnya Fuji Oak Hostel
ruang bareng-barengnya Fuji Oak Hostel
foto bertiga
foto bertiga

Tujuan pertama ke Shinjuku dulu, untuk liat suasana pagi-paginya

Shinjuku pagi mirip kek Times Square lah
Shinjuku pagi mirip kek Times Square lah

Kami ke Kawagoe, lagi-lagi semacam kota yang bangunannya masih kuno-kuno gituh dan perjalanan menuju ke sana sangat menyenangkan, ngeliatin rumah-rumah di Jepang yang rapi dan teratur.

naik kereta ke Kawagoe sambil liat pemandangan
naik kereta ke Kawagoe sambil liat pemandangan

Sampe di sini sebenarnya “cuman” liat-liat bangunan kuno, toko-toko ciamik, nyobain berbagai jajanan dan tentu ajah foto-foto, tapi menyenangkan sih, meski agak mendung dan menjelang gerimis.

bangunan toko lucu
bangunan toko lucu
rasanya kayak bakpao kacang merah
rasanya kayak bakpao kacang merah
pelukis jalanan
pelukis jalanan
bapaknya serius amat
bapaknya serius amat
toko yang jual segala sesuatu dari matcha
toko yang jual segala sesuatu dari matcha
ijo ijo (es krim matcha dari toko matcha di atas itu aseli enak banget dan lembut)
ijo ijo (es krim matcha dari toko matcha di atas itu aseli enak banget dan lembut)
donat dari tepung beras
donat dari tepung beras
gerbang kuno
gerbang kuno
pengadilan
pengadilan setempat
jajanannya dari tepung beras juga dan rasanya asin
jajanannya dari tepung beras juga dan rasanya asin
di depan toko yang lucuk
di depan toko yang lucuk

dan ada kuil yang super ketjee namanya Kawaoge Hikawa Shrine. Tapi berhubung gw datengnya pas fall, jadi gak ada wind chime-nya yang cuman ada pas summer, cuman ini kuil tetep ketjee!

bocah lucuk
bocah lucuk
tunnel of love
tunnel of love
super suka
super suka

Dari Kawagoe kami kembali ke Shinjuku, dan di sinilah muncul drama! Yaitu mencari stasiun bus luar kota yang butuh waktu 2 jam untuk muter2 stasiun Shinjuku yang super super guede dan ruame. Entah itu orang-orang dari mana aja dan arahnya juga mencar-mencar, kayaknya gak ada orang yang selow-selow ajah jalan tapi semuanya pake kopling 3 atau 4 dan yang bengong dan gah paham jalan yang (hampir) tertinggal bus kayak kami. Sesungguhnya kami udah dikasih tau jalan sama bapak tua, tapi gak percaya sama petunjuk beliau, duh inilah pelajarannya, selalu hormati dan percaya omongan orang tua guys!

anak kecil di sana pergi sendirian naik kereta ih
anak kecil di sana pergi sendirian naik kereta ih
banyak panchinko di Shinjuku
banyak panchinko di Shinjuku
sekarang foto Shinjuku saat malem
sekarang foto Shinjuku saat malem
drama ujan-ujanan
drama ujan-ujanan

Puji Tuhan bisa sampai ke terminal bus tepat waktu dan bisa ngejar bus untuk sampe ke Kawaguchiko yang penginapannya super duper kuetjeeee!! Namanya Guesthouse Fujinokura Kawaguchiko Ekimaeten dan kamarnya mirip amat sama kamar Nobita!!

kamar Nobita dan Doraemon
kamar Nobita dan Doraemon
ngeteh-ngeteh palsu
ngeteh-ngeteh palsu
dari tempat bobok nobita
dari tempat bobok nobita

Daaaan udara malem di Kawaguchiko ini supeeerrr dinginn, hiiii, jadi mari bobok!