Tentang yang tetap dan yang lewat

Gw pulang dari Korea tanggal 13 Desember malam, masih pegel-pegel berupaya untuk belajar tanggal 14 Desember karena tanggal 15 Desembernya gw sidang tesis. Tesis yang gw tau masih banyak cacatnya dan memang akhirnya ada banyak hal yang harus diperbaiki. Gw lulus meski dengan nilai yang menurut gw di bawah ekspektasi (lagi-lagi gw orangnya emang sulait amat diajak bersyukur, penyakit oh penyakit), tapi setidaknya perjalanan itu sudah selesai.

Ada banyak orang yang berkontribusi dalam perkuliahan ala-ala itu. Gw sebut ala-ala karena awalnya memang gw becandaannya ajah sekolah biar gak keliatan bodo dibanding temen-temen yang lain. Tapi ternyata sekolahnya serius dan harus fokus. Banyak pelajaran dan banyak pengorbanan juga. But overall, I try to reshape my mind and point of view through this study.

Sebagaimana tahun ini banyak juga hal-hal yang me-reshape my mind and ultimately my heart regarding many issues, about chain of friends, love stuff, works calling and also servant works.

Mengenai pertemanan, gw mendapat banyak kenalan, teman, sahabat baru maupun semakin kenal teman-teman lama. Gw termasuk orang yang lambat untuk akrab dengan orang dan bisa bikin batasan berlapis dalam kenal dengan orang meski entah mengapa gw selalu ketemu orang yang bisa diajak temenan. Dan untuk hal itu gw sangat bersyukur. Jadi saat ada orang yang tadinya hanya kenalan terus tingkat relasinya tereskalasi jadi teman dan sahabat gw senang banget atau ada orang-orang yang baru yang tetiba jadi penyemangat, meski tantangan hidup berat tapi karena semata-mata ada sapaan yang lekat perjalanan jadi singkat.

Mengenai love stuff, gw sih lagi-lagi merasa lemah soal inih, hahaha. Maksudnya karena begitu-begitu ajah. Like sun arise and then set according to its time, no (t) much special moments or delight situations can constitute a romantic nuance. I’ll try more for next year

Mengenai works and study calling. Ini sempat bikin gontai dalam 2 pekan pasca sidang. Si ilmu S2 mau diapain? Apa yang didapat juga dari ngelmu ini? Jawabannya kemudian sederhana, mengerjakan hal-hal yang paling bermanfaat untuk orang lain. Penekanan pada manfaat bukan dikapitalisasi menjadi uang. Mudah diomongin tapi sesungguhnya sulait untuk dilakukin. Tapi kalau minta ke Tuhan ya gak ada yang gak mungkin kan?

Pelayanan, sebenarnya tahun ini ada pelayanan baru yang belum pernah dilakukan yaitu nyusun buku, hanya saja gw melakukan satu kesalahan fatal sehingga perlu dikurasi lagi ituh pelayanan. Semoga tidk membendung kasih karunia Tuhan kepada orang-orang yang dilayani dan gw yakin enggak, cuman memang jadi deg-degan ajah. Tahun depan dengan anugerah Tuhan mau mulai pelayanan jenis baru lagi aah.

Jadi begitulan sekilas mengenai tahun 2015. Kesimpulannya apa di tahun 2015? Kalau gw kemarin namain tahun ini sebagai tahun eksplorasi hal-hal baru dengan batasan langit, gw bersyukur hal itu terwujud pada tahun ini tentu dengan anugerah Tuhan semata, batasannya langit. Tahun depan penyemangat itu bukan lagi cita-cita dengan batasan langit, melainkan sang pencipta.

Very few people have realized that love is your very flame. It is love –which keeps you not only alive, but gives you a life of beauty, truth, silence and millions of other priceless things. Remember, unless you enter the world of values where no money, no power, no respectability is of any help, you cannot enter into authentic life. And the flavor of that life is love (Kahlil Gibran)

Bersama supporting system alias notulen, mbak Ratna
Bersama supporting system alias notulen, mbak Ratna
Hip-hip hura bersama dengan para penguji dari kanan ke kiri: Luthfi Assyaukanied, Dinna Wisnu, Nana Yuliana, Nico Harjanto
Hip-hip hura bersama dengan para penguji dari kanan ke kiri: Luthfi Assyaukanied, Dinna Wisnu, Nana Yuliana, Nico Harjanto
ceritanya lagi presentasi
ceritanya lagi presentasi
Leave a Reply

