Tentang Sok Tahu

Beberapa hari terakhir saya belajar akibat buruk dari merasa sok tahu. Sok tahu meliputi seakan-akan merasa sudah punya banyak pengalaman, punya banyak pemahaman, punya banyak kawan, punya banyak cadangan daya tahan, tapi ternyata nihil saat dihadapkan pada situasi yang dadakan.

Mulai dari kerjaan buku yang tiba-tiba berantakan, tebakan yang makan tuan, situasi yang tiba-tiba merasa diasingkan, asumsi-asumsi tidak berguna yang muncul berdatangan. Namun sebagai manusia yang berakal budi tentu tidak boleh kelamaan kezel apalagi kehilangan penalaran. Evaluasi kemudian maju terus untuk mencari yang terbaik.

Apa evaluasinya? Sebanarnya dalam tiga minggu terakhir, saya diminta untuk berpikir, mencari, mengkalkulasi, berbagi, memperluas cara pandang sekaligus berserah mengenai berbagai macam hal dalam hidup. Ada hal-hal prinsip yang tampaknya sudah agak goyah dengan kompromi sehari-hari tapi diingatkan agar ditegakkan kembali. Ada hal-hal praktis yang sudah lama tidak dipraktikkan tapi kemudian disegarkan agar dikembangkan lagi.

Saya rasa tiga minggu menjelang akhir tahun ini mendorong saya untuk menyusun ulang niat dan prioritas saya. Selanjutnya merancang jalan bagaimana mencapai niat dan prioritas tersebut. Ada begitu banyak pilihan sekaligus gangguan, karena itu saya harus fokus untuk mengerjakan hal-hal terpenting dari pada hanya hal-hal penting. Namun sekali lagi tanpa embel-embel sok tahu.

Tapi secara keseluruhan saya senang dan bersyukur karena diberi kesempatan untuk menggunakan nalar sekaligus perasaan dalam menjalin relasi baik kepada sang Khalik maupun sesama ciptaan. Live goes around and around yet we are offered lot of choices, so pick the right one!

All the ways of the LORD are loving and faithful
toward those who keep the demands of his covenant (Psalms 25:10)

Leave a Reply

